Posted on

Tips Mengecat Kayu

Hohoho, kalo ditanya tujuan sata nge-blog, hemm jawabannya 2, yang pertama biar gaul buat belajar, masak anak ikomp nda bisa ngeblog?? istilah teman saya, Angga, “Didit kowe sep, ngeblog we ra iso” wekekeke :-D

Yang kedua ya kurang kerjaan buwat nulis-nulis aja, jadi kalo ada apa gitu yang penting kiranya buwat masa depan aku, dirimu, dirinya gitu terus dicatat aja ke blog. Jadi kalo ada sesuatu yang kelupaan (maunya) tinggal dilihat aja ke blog, gitu.

Kayak yang satu ini, Tips Mengecat Kayu. Saya sedang disuruh ibu saya untuk mengecat pintu yang membatasi antara dapur ama ruang sekitaran kamar mandi. Itu pintu dari kayu, dulu bentuknya seperti puntu biasa gitu, tapi berhubung udara panas sekarang ini, jadilah si pintu dibelah duren dua mendatar supaya pintu yang bagian atas tetep dapat dibuka agar angin tetp masuk sedang pintu bagian bawah tertutup untuk mencegah tikus-tikus menyatroni dapur.

Googling cari tips mengecat kayu, sapa tau berguna, dapet dari sini
isinya gini nih :

Mengecat dengan menggunakan cat solid sebenarnya adalah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, hanya saja ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  1. Sebelum di cat sebaiknya kayu digosok dengan kertas gosok terlebih dahulu agar bulu-bulu yang masih tersisa tidak terangkat oleh sapuan kuas sehingga hasilnya halus dan rapi.
  2. Saat mencampur pengencer cat sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit agar cat tidak menjadi terlalu encer. Cat yang terlalu encer membuat daya tutup cat jadi berkurang sehingga harus diaplikasikan dua kali. Cat yang terlalu encer akan menetes dan mengotori ruang kerja.
  3. Sebaliknya bila cat terlalu kental, saat dipoleskan akan meninggalkan jejak kuas yang membuat permukaan kayu tidak licin.
  4. Tiner yang bermutu rendah biasanya cepat kering, hal ini membuat cat menjadi cepat kusam.
  5. Bila hendak mengaplikasikan cat kedua sebaiknya tunggu hingga cat pertama benar-benar kering supaya cat pertama tidak terangkat oleh kuas dan menggumpal.

Terakhir dan paling pasti, jangan lupa, anda harus punya cat kayu, thinner, ama kuas sendiri untuk digunakan, kalau bisa jangan meminjam apalagi mengambil milik orang lain baik sepengetahuan maupun tanpa sepengetahuan pemiliknya yang sah.  Tapi kalo yang ini cuma tambahan dari saya, bukan dari situsnya tadi, heheheh :-D,semog berguna dan selamat mengecat deh!

About these ads

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

10 responses to “Tips Mengecat Kayu

  1. wib

    pertamax…
    hehe… :D

    satu lagi yang penting, anda harus punya kayu yang akan dicat, karena kalo tidak punya lalu apa yang hendak anda cat…

  2. mybrainsgrowell ⋅

    nek ra nde kayu yo ngecet raimu to ya.. LOL

  3. septoadhi ⋅

    #wib
    terimakasih wib, sudah menjadi yang pertamaxxx

    #mybrainsgrowell
    maksudmu rupane wib to git? hohoho

  4. kalo pake caranya mr.bean yg menggunakan bantuan dinamit, bagus ga?

  5. monorawx

    komen ah…

    ini komen lho sep..:D

  6. hanna

    ha iki,,,bar lulus bisa jadi tukang kayu !!! kerja sambilan mas…sambil buka laptop, sambil ngecat !!! bisa ndak ???? heheheheh

  7. gin ⋅

    Wah,. Ini dia anak ilKomp yang benar benar mempraktekan ilmunya.. Maw Ngecat rumah aja tanya mbah gugel dulu..
    Mantab.. Mantab..

  8. lovely

    mas mau tanya,tolong dijawab ya….,
    > A.jika kuas habis dipakai untuk mengecat,misalnya cat warna merah, jika sehabis di cuci kuas itu dibuat mengecat lagi dengan warna kuning,apakah warna cat merah & kuning tercampur saat digunakan lagi???
    > B.dan alat / cairan apa yang bisa menghilangkan noda cat? jika kita tidak menyadari cat telah mengrnai tangan kita & bisakah noda cat itu bisa dihilangkan dengan apa?

    JAWABAN:……………………………………………….

  9. lovely

    mas mau tanya,tolong dijawab ya….,
    > A.jika kuas habis dipakai untuk mengecat,misalnya cat warna merah, jika sehabis di cuci kuas itu dibuat mengecat lagi dengan warna kuning,apakah warna cat merah & kuning tercampur saat digunakan lagi???
    > B.dan alat atau cairan apa yang bisa menghilangkan noda cat? jika kita tidak menyadari cat telah mengrnai tangan kita & bisakah noda cat itu bisa dihilangkan dengan apa?

    JAWABAN:……………………………………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s