Posted on

Cara-Cara Kalibrasi Baterai Notebook atau Laptop

Kali ini saya mencoba membahas tentang kalibrasi baterai notebook, iseng-iseng gugling, cari info, sekalian biar saya besok-besok bisa kalibrasi dan dapet artikel menarik yang disarankan dari om gugel, ada di situs ini www.rm.com. Situs ini menggunakan bahasa linggis eh iblis inggris sebagai panduannya, namun jangan khawatir, saya akan mencoba menginterpretasikan kedalam bahasa sehari-hari anda dan saya ;-). Skenario dimana anda mungkin membutuhkan apa yang dinamakan kalibrasi baterai seperti : Anda telah menggunakan sebuah notebook atau netbook selama beberapa bulan dan anda mendapati bahwa daya tahan baterai gadet anda tiada bertahan lama seperti sewaktu masih barang baru. Atau anda sudah lama menggunakan notebook dan menyadari bahwa baterai anda selalu memberi laporan kondisi yang palsu, misal tertulis waktu tersisa 1 jam, namun kenyataannya 30 menit saja si notebook sudah tamat.

Ada beberapa sebab musabab daripada terjadinya hal tersebut, misal :

  1. Ada permasalahan pada bagian suplai listrik utama
  2. Ada permasalahan pada adaptor, baterai
  3. Baterai memang sudah berumur, atau umurnya berkurang dari yang seharusnya disebabakan oleh penyimpanan dan penggunaan yang tiada pada tempatnya
  4. Baterai anda membutuhkan re-kalibrasi

Apa itu kalibrasi? Kalibasi eh kalibrasi baterai adalah proses ‘mengajari’ sebuah baterai sehingga si baterai dapat memperkirakan secara akurat waktu yang tersisa hingga dari keadaan baterai penuh hingga baterai tersebut butuh di isi ulang atau di-charge. Sehingga laporan dari si baterai kepada sistem tidak ngaco, alias selalu akurat. Skenario yang disebut di awal tadi adalah contohnya. Kalau hal seperti ini dibiarkan, ada yang namanya ‘memory effect’ pada baterai-baterai sekarang ini. Baterai akan otomatis mengingat lamanya dia habis dari pemakaian sebelumnya. Jadi sangat dimungkinkan, katakanlah walaupun baterai aslinya mempunyai kemampuan untuk hidup selama 2 jam namun dia telah mengingat dari perilaku penggunaan sebelumnya bahwa dia hanya dapat hidup selama 1 jam. Re-kalibrasi baterai adalah proses memberikan ‘ingatan’ baru kepada baterai.

Nah, langkah-langkah berikut adalah langkah untuk melakukan re-kalibrasi pada baterai:

  1. Pastikan notebook anda di-charge dengan tercolok ke sumber listrik AC, alias listrik dari PLN, bisa listrik rumah, kantor, kalo mau dan dibolehkan listrik tetangga juga ndapapa, tapi saya sarankan jangan
  2. Lalu, matikan notebook anda, dan tinggalkan semaleman atau kurang lebih 8 jam agar terisi penuh, ini kenapa saya sarankan anda tidak memakai listrik tetangga, apalagi orang yang tiada anda kenal :lol:
  3. Setelah itu, nyalakan laptop anda, dari sini saya asumsikan anda memakai OS terkenal sedunia yaitu Windows :-D, jangan lupa, tetap dalam posisi laptop di-charge alias terhubung dengan listrik
  4. Masuk ke Control Panel -> Performance and Maintenance -> Power Options, kemudian rubah opsi Power Schemes ke Always On, ubah pula pilihan yang ada di bawah tulisan ‘Running on batteries’ ke pilihan ‘never’ semua. Pastikan pula agar tanda peringatan di tab ‘Alarm’ mati sehingga baterai bisa kita paksa untuk habis total
  5. Pastikan bahwa baterai notebook anda terisi 100%, bisa dilihat di tab Power Meter
  6. Kemudian cabut pasokan listrik ke laptop anda, sekarang laptop anda akan bergantung kepada kekuatan baterai anda sahaja
  7. Ukur waktu sistem tetap menyala, sementara ini jangan gunakan notebook anda. Anda boleh menggunakan alat ukur apa saja asalkan alat ukur waktu, jangan pake penggaris ya :lol:
  8. Biarkan hingga matang kemudian tiriskan, eh maap, :-P maksudnya biarkan hingga notebook anda mati sendiri alias shutdown sendiri.
  9. Kemudian hubungkan notebook anda dengan pasokan listrik segar lagi, alias di-charge lagi hingga penuh, ya sampe kira-kira sama seperti di atas tadi, sekitar 8 jam

Apabila langkah ke tujuh memakan waktu beberapa jam, di atas 1 jam, itu berarti baterai anda membutuhkan re-kalibrasi, dan anda telah melakukannya apabila anda mengikuti dan melaksanakan rangkaian urutan langkah-langkah di atas ;-) Proses ini hendaknya dilakukan rutin setiap 3-6 bulan sekali. Supaya baterai tidak pikun, dan tetap sehat kondisinya, baterai yang rutin di kalibrasi dapat menjaga kondisi lifecycle sebuah baterai sehingga tetap awet.

contoh setting power options di tempat saya

contoh setting power options di tempat saya

Nah, jika waktu untuk langkah ke 7 hanya sebentar, misal 30 menit, maka baterai anda mungkin bermasalah. Untuk memastikan apakah betul baterai anda tiada bermasalah, maka coba cari kawan anda, atau bisa sahaja orang yang anda kenal dan mempunyai spesifikasi notebook yang sama. Pinjam baterai kawan tersebut, oiya sebelumnya pastikan notebook kawan anda itu lebih baik dari milik anda, kalo hanya setali tiga uang maka tiada akan membantu permasalahan anda pastinya :lol:. Kemudian gunakan baterai kawan anda tersebut pada notebook anda, dan baterai anda pada notebook kawan anda. Bandingkan dari pemakaian keduanya. Apabila notebook anda yang memakai baterai kawan anda berjalan normal diatas waktu pemakaian baterai anda, maka dapat dipastikan baterai anda bermasalah. Jika tidak, mungkin konektor listrik pada notebook anda yang menjadi masalah.

Di situs ini juga disediakan utility yang namanya Batcal atau bisa saja langsung diunduh di sini, utility ini dapat membantu anda yang kurang pede dalam melakukan kalibrasi baterai, dapat juga untuk membandingkan ‘kesehatan’ baterai. Namun utility ini tidak dapat digunakan untuk mengetes masa hidup sebuah baterai, anda dapat mencari dan menggunakan software utilitas yang lain seperti BatteryMark.

running program Batcal

running program Batcal

Demikian terjemahan singkatnya, semoga jika anda memiliki tanda tanya besar terhadap baterai anda atau malahan anda sudah tahu baterai anda bermasalah, ulasan singkat ini bisa membantu anda :-).

About these ads

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

15 responses to “Cara-Cara Kalibrasi Baterai Notebook atau Laptop

  1. sangprabo ⋅

    Kalibrasi sebelah mananya kali brantas Sep?

    *serius*
    Aku pikir kalibrasi ituh cara balikin kondisi batrei kita ke semula, misal kalo yang 9cell kan pas awal2 beli masih 2 jam separuh. Kalo di Linoex gimana Sep?

  2. septoadhi ⋅

    #sangprabo
    bukan mengembalikan ke kondisi semula bo, sebab gimanapun juga ada yang namanya battery lifecycle, itu tetap merupakan akhir cerita cinta baterai notebook kita, jadi kalibrasi ini gunanya untuk mencegah daripada ‘memory effect’ ini terjadi dan sampe parah di baterai notebook kita.

    Kalo di linuxs belun tahu, tapi mungkin intinya tetap ada di men-charge full baterai (8jam itu), habiskan paksa hingga tiada bersisa, kemudian di charge lagi secara optimal

  3. masabhi

    Nek batre ku piye Sep? DIcabut seka listrik langsung mati je…

  4. Aday

    ulasan yg menarik mas..
    salam kenal :))

  5. Tyan ⋅

    Kalo yang Mac gimana mas? (sakjane ngerti sih, mung nge-test)

  6. lemmot1me

    emang 8 jam ya biar fully charged.. aku ngeliatin lappieku, dia paling banter minta 200-an menit biar full…
    tapi seringnya sih kutinggal tidur sampe full sendiri atau mati sendiri..hehe…

    @masabhi : itu artinya sekarang adalah waktu yang tepat untuk anda ganti batre.. kalo kemahalan, ganti laptop aja..hehe

  7. septoadhi ⋅

    #masabhi
    daripada kepanasan, kesasar, rak mending tak gendong to.. enak to? manteb to? hahayyy.. sudahlah bong itu laptop dan motor anda diganti sahaja.. duite minta mama-nya masabhi :lol:

    #Aday
    sama-sama dik, betewe situ mirip temen saya ya?? wekekeke :lol:

    #faisal
    weh anak ilang, kakakaka :lol:

    #tyan
    weh saya di tes, kekeke :lol:
    situ bisa liat di sindang bro, http://support.apple.com/kb/HT1490,
    *fyuh.. untung ada om google :-P*

    #lemmot1me

    itu sebenernya nda harus 8 jam, yang harus dipastikan adalah baterai terisi 100% dan terkosongkan pula 100% tiada bersisa. Misal ketika baterai minta 200 menit agar terisi penuh, ya kira-kira lebihkanlah barang 30 menit agar baterai benar-benar full *buat ngawekani aja, kalo basa jawanya :lol:*.

  8. kalo yang mati batere abese gimana, yosep?

  9. jon ⋅

    goblok, anak kecil aje tau dudul….

  10. Christian

    Mas aku ijin re-post juga tapi cum mau tanya laptop saya toshiba satellite sudah beberapa bulan kalo pake baterai indikator menunjukan 3 jam tapi kalo dipake cepet banget abisnya nggak nyampe 3 jam solusinya gimana

  11. yogie

    sangat menarik………..

  12. Saya takut mau kalibrasi, kalau misal langkah ke 7 enggak sampe 30menit waduh masak suruh ganti baterai baru? tak punya uang aku

  13. Greg

    bang saya udah pake aplikasi battery care.
    kata temen sih bisa detect smua,
    emang bner sih, jenis batre, suhu, dkk ada.
    tapi pas saya coba kalibrasi pertama kali malah kalibrasinya gak keitung.
    apa saya gagal kalibrasi ?
    laptop saya asus k45d (ada tulisan 3x life cycle maksudnya apaan ya?)
    jawab ya
    gregluck.99@gmail.com

  14. Greg : Masalah saya juga sama seperti anda ..
    saya tidak tahu soal ke itung apa ngga kalibrasinya, kalo yang Life Cycle itu anda sudah berapa kali Charging Baterei ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s