Posted on

Akhirnya ku menemukanmu, saat ku bergelut dengan waktu…

desktop KDE baru

desktop KDE baru

Akhirnya, setelah sebelumnya berpusing-pusing dengan masalah keyboard dan touchpad yang nda kedetect sama linux apapun tiap mau boot, akhirnya ter-install juga Kubuntu 9.04 Jaunty Jackalope😀

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Selesaikan dulu instalasi Kubuntu 9.04 dengan bantuan keyboard USB merek Okaya pinjeman dari Himakom🙂 dan Mouse USB Logitech, yang ini punya saya😀
  2. Dari hasil tanya angga dan mbah google, mencoba ketikkan dmesg | egrep -i ‘input|touch|track|key|kbd’
  3. Ketahuan deh  [    4.362594] serio: i8042 KBD port at 0x60,0x64 irq 1
  4. Dari hasil gugling lagi diketemukan beberapa problem yang sama, tapi dari forum Linux CentOs
  5. Dari situ disuruh ngedit bagian grub, nambahin perintah i8042.noaux=1 atau i8042.nomux=1
  6. Setelah edit menu.lst di /boot/grub, langsung deh ke detect keyboardnya😀, yang kepake perintah yang i8042.noaux=1
  7. Touchpad-nya sih masih belum ke-detect, tapi ya sutralah, segini dulu, oprek2 touchpadnya besok lagi brur, ngantuk hehehe😀 sekalian mau coba2 KDE dulu🙂

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

8 responses to “Akhirnya ku menemukanmu, saat ku bergelut dengan waktu…

  1. lemmot1me

    bilang apa adek-adek….

    alhamdulillah…:P

    *btw link ke blogku diganti tuh.. dikasih nama lemmot1me aja ya😀

  2. sangprabo ⋅

    Tuh kan, bisa bener… Gimana perasaannya? Senang, bangga, bahagia, terlihat keren?

  3. Adayana

    wedaaaaaaaaann!!
    sukses akhirnya,,
    slamat slamaaat

  4. septoadhi

    yak terimakasih untuk semuanya😀

  5. Pingback: alfach.com - Achmad Fachrie’s Blog | Achmad Fachrie's Blog - its more than about me

  6. dayat ⋅

    mas touchpadnya gimana ? dah bisa… saya juga pusing nih mau install linux tapi toucpad kagak didetect

  7. septoadhi ⋅

    #dayat :
    saya ga bisa mas, utk touchpad-nya saya menyerah😦, seperti yg saya bilang di posting saya, saya pake mouse usb sebagai solusinya..

  8. dayat ⋅

    mas saya dah coba utak-atik grub kok nggak bisa ya.. oh iya saya sekarang coba install ubuntu 9.10, menu.lst kok malah gak ada. bisa dijelaskan langkah-langkahnya mas? terima kasih…

Leave a Reply

