Posted on

7 (part 2)

Sekilas hasil dari mencoba dan memakai Windows 7:

  • Instalasi mudah, dipandu per langkah, dan saya tidak perlu men-install driver-driver dasar seperti, driver chipset, sound, video, LAN dan wireless, bluetooth. Yang belum saya coba adalah card readernya sama touchpadnya.
  • Tampilannya itu lho.. Menawan! hohoh, sistem taskbar yang baru, desktop gadget terusan dari Vista, Themesnya bagus-bagus, ya intinya untuk masalah tampilan, 7 ini top abis dah.
Tampilan 7 di tempat saya, Taskbar pindah ke kiri, desktop-gadget yg penting saja

Tampilan 7 di tempat saya, Taskbar pindah ke kiri, desktop-gadget yg penting saja

  • Untuk performa, rasa-rasanya hampir sama lah dgn XP, tiada terlalu berat dan memaksa unjuk kerja dari laptop saya. Malah kalo kata teman yg sudah pernah pake Vista, 7 jelas2 mengungguli Vista dari berbagai hal.
  • Ada beberapa utility sederhana bawaan Windows 7 yang sudah ter-upgrade dari utility sejenis di XP, seperti newlook-Wordpad, Sniping Tool untuk capture screen, Sticky Notes, tanpa melupakan utility lama yang berguna, semisal : shutdwon.exe. Dengan menjalankan shutdown.exe ini kamu bisa bikin timer auto shutdown di Windows. Buat saya sangat berguna, kalau mau tidur sambil dihantarkan lagu-lagu dari Winamp.
Ketikkan "shutdown -s -f -t 500"

Ketikkan "shutdown -s -f -t 500"

Auto Shutdown Timer

Auto Shutdown Timer

Untuk membatalkan puasa eh Shutdown, ketikkan "Shutdown -a"

Untuk membatalkan puasa eh Shutdown, ketikkan "Shutdown -a"

  • Untuk Antivirus, tidak semua antivirus bisa berjalan lancar dan normal di 7, untuk info AV yang sudah kompatibel dengan 7 bisa dilihat di pengumuman resminya mikrosop, untuk sementara saya pake Panda AV, yang ternyata masih beta dan belum gratis😦 saran saya pake AVG saja, gratis sudah.
  • Program-program default saya sudah terinstal dan berjalan dengan baik, PDF reader, Winamp, YM, OpenOffice, sudah di tes. Khusus untuk Firefox entah kenapa pada beberapa kesempatan saya kok tidak bisa menggunakan klik kanan.. Belum tahu apakah karena 7-nya atau karena Firefox 3.5.1-nya.
  • Di 7 ini, untuk matiin autoplay pada semua drive tidak bisa liwat gpedit.msc tapi masuk ke Control Panel kemudian pilih All Control Panel Item dari segitiga hitam kecil di samping tulisan  Control Panel, kemudian pilih Autoplay, kemudian un-centang di bagian Use AutoPlay forr all media and devices.
dari Control Panel

dari Control Panel

masuk ke AutoPlay kemudian un-centang bagian ini

masuk ke AutoPlay kemudian un-centang bagian ini

Nampaknya itu saja sekilas pembahasan Windows 7 kali ini, kenapa? Karena eh karena, sebentar lagi sudah waktunya berbuka, saya ucapkan selamat berbuka puasa bagi yang menunaikan🙂.

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

2 responses to “7 (part 2)

  1. Aday

    aku iso klik kanan ki sep neng mozilla ne, padahal aku yo nganggo 3.5 lho..

    sayang, bluetoothku yg notabene bukan bawaan laptop selalu gagal di instal drivernya….:(

  2. Payjo

    Saya juga sempet install Oom. Tapi printer Epson C90 ndak bisa diinstal drivernya, jadi balik lagi ke XP SP2.

Leave a Reply

