Posted on

Install Ulang Grub Ubuntu 9.04

Sedikit catatan aja biar nda susah nanti kalo nyari info lagi tentang instalasi ulang grub. Grub saya hilang gara-gara saya beralih hati dari XP ke 7, yang mana ostosmatis turut menghapus daripada grub saya, jadinya beberapa waktu yang lalu nda bisa boot ke Ubuntu-nya. Gugling-gugling, cari-cari info, prefer yang halaman Indonesia akhirnya pergi ke situs ini.

Di situ diberitai eh di kabarkan dari empunya blog kalo ada dua cara yang bisa dipake. Saya sudah nyoba yang satu, yang make masuk ke terminal lalu masuk ke grub, lalu find /boot/grub/stage1, dan seterusnya, entah mengapa kalo di saya cara ini kok nda berhasil, apa karena yang membimbing lupa-lupa ingat ya?😆

Akhirnya pake cara satunya, liat di situs tadi. Caranya, booting live cd dulu, jangan lupa partisi linux anda file systemnya apa, nanti versi linux live cd yg untuk booting menyesuaikan soalnya. Kasus di saya, pertama kali saya pake cd Ubuntu 8 buat live cd, eh tidak mau nge-mount partisi linux saya karena punya saya tak format Ext4, sementara Ubuntu 8 masih belum mengenali filesystem itu. Jadi, pakailah versi paling baru saja untuk amannya😀.

Setelah booting, lalu masuk terminal, kemudian lihat pembagian partisi hardisk anda kalau tidak ingat dengan cara ketikkan :

sudo fdisk -l.

Di tempat saya Linuxnya ada di sda3, di tempat anda mungkin berbeda dengan saya, yang pasti carilah yang tulisannya pada bagian sistem berbunyi “Linux”

Setelah tahu dimana letak partisi linux anda, ketikkan perintah-perintah berikut:

  1. sudo mount -t ext4 /dev/sda3 /mnt/, enter
  2. sudo mount -t proc proc /mnt/proc/, enter
  3. sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/, enter
  4. sudo mount -o bind /dev /mnt/dev, enter
  5. sudo chroot /mnt /bin/bash

Oiya, seperti saya bilang di awal, partisi Linux saya file systemnya ext4, kalau tempat anda berbeda ya tinggal di sesuailak sahaja.

Setelah perintah mounting tadi, baru kita instal grub dengan mengetikkan:

  1. grub-install /dev/sda, enter
  2. grub-install /dev/sda3, enter

Kalau tiada pesan error tertera, reboot, keluarkan live cd, lalu dilihat hasilnya, kalo di tempat saya sih akhirnya keluar juga yang lama sembunyi alias grubnya😆.

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

4 responses to “Install Ulang Grub Ubuntu 9.04

  1. agsaf ⋅

    punya ku coba tetap g bisa gmn tuh?

  2. septoadhi ⋅

    #agsaf :
    kalo boleh tau, ada pesan erornya ga?

    #arwin :
    di tempat saya ga ada skrinshutnya, coba di situs tempat saya dapat pencerahan, di situ ada skrinshutnya, jadi mungkin bisa lebih jelas😉

  3. Mboenkz41

    bang,ngga bisa tu. .eror. pesannya

    /dev/sda8 : not found or not a block device

    pdhl cuman sampe sda7 partisiku. . linuxnya ada di sda7

Leave a Reply

