Posted on

Ngadem dapet SIM

Beberapa saat yang lalu, habis baca-baca di kantin milan, ternyata ada kawan yang sedang ngedumel gara-gara perpanjangan sim, saya mo berbagi pengalaman tentang memperpanjang SIM di Jogja sini, tentunya ini berlaku untuk para pemegang KTP jogja. Biar nda ngeri dulu kalau mau perpanjang SIM dan akhirnya cuman berakhir dengan nitip ke orang alias nyalo, padahal kalau sudah tahu caranya, gampang sahaja kok, tiada yang susah-susah amat.

Cara yang pertama jelas, datang ke Polres atau kalo di kota Jogja, ke Poltabes. Lalu silahkan tanya saja di sana gimana cara memperpanjang SIM, dan niscaya anda pasti diarahkan ke daerah khusus bagian pengurusan pembuatan dan perpanjangan SIM, kemudian tinggal ikuti saja instruksi yang ada di sana.

Kebetulan saya nda make cara ini, soalnya selepas saya mengantar simbok saya memperpanjang SIM yang masih berlaku satu tahun lagi, saya merasa malas memperpanjang di Poltabes, lha antre dokternya lumayan panjang juga. Saya pake cara laen, yaitu memperpanjang SIM di Amplaz, hohoho, enak tho? manteb to? Sambil ngadem plus bisa cuci mata..😆

Untuk layanan SIM di Mall Ambarukmo Plaza ini memang sudah lama saya dengar, tapi ya baru sempat mencoba sendiri pas bulan puasa kemaren, lha gimana lagi? sebelumnya SIM saya belum kadaluarsa je. Persyaratannya mudah saja, bawa fotokopi KTP dan SIM, saya sarankan minimal bawa 2. Kemudian datang ke Amplaz, ada di bagian barat-nya Centro, dekat-dekat salon apa saya lupa namanya😛 atau bisa tanya saja pada petugas Amplaz dimana letak SIM Corner. Nanti sampe di sana, langsung saja menghadap sama petugas yang ada, kemudian laporkan keperluannya. Nanti untuk perpanjangan membayar 60ribu rupiah, dapat formulir yang harus diisi. Kemudian bikin surat keterangan dokter seharga 20ribu. Enaknya di sini sepi, entah saya kebetulan dapat giliran sepi atau memang belum banyak yang tahu layanan ini?

Bagian Pelayanan SIM di Amplaz

Bagian Pelayanan SIM di Amplaz

Setelah formulir selesai diisi, surat dokter didapat, nanti serahkan kepada petugas lainnya, untuk kemudian di cek dan kemudian menunggu giliran pemotretan dan pencetakan SIM. Cetaknya nda lama kok, habis di foto, sama scan sidik jari, tunggu sebentar dan jadilah kartu SIM anda yang baru😉.

Isi Formulir Perpanjangan

Isi Formulir Perpanjangan

Jangan Lupa Fotokopi SIM Lama dan KTP

Jangan Lupa Fotokopi SIM Lama dan KTP

Total jendral, saya habis 86ribu 5ratus rupiah, 60ribu biaya perpanjangan, 20ribu surat sakti dokter, seribu limaratus buat bayar parkir, yang terakhir 5ribu rupiah buat tambal ban motor yang bocor karena tidak kuat dinaeki boncengan saya dan kawan laen yang kebetulan juga berbadan besar😆.

Oiya, pelayanan ini buka dari hari Senin sampai hari Sabtu, dengan pembagian tertentu sesuai daerah KTP pemegang SIM, kalau datang amannya ya jangan datang ke sana malam hari, biar pasti dilayani datanglah sesuai jam kantor saja.

Jadwal Pelayanan

Jadwal Pelayanan

About septoadhi

seru, seram, menggairahkan!!!

9 responses to “Ngadem dapet SIM

  1. -alle-

    great! di kampung saya gak ada SIM corner di mol😐

  2. iwanudin

    waduh… SIM lamanya sampe cuil-cuil gethuw yah…
    kena pasal ndak yah, kalo SIM rusak gitu.. he..he..
    betul gan, mau murah ikuti prosedur..
    lama dikit ndak masalah yg penting ada duit sisa (buat nambal)

    nitip inpo juga ya gan,
    kalo beli (booking) plat nomor (cantik) jg gethuw..
    dateng aja langsung ke samsat, tanya sm pak pulisi
    harga lumayan murah, sudah pernah ngalami sieh.
    jadi, jangan sama calo, karena bisa berkali-kali lipat harganya

  3. Parus

    Coba kalo yang jaga SIM Corner mbak2 SPG serupa dengan yang di toko2 Amplaz..
    Wuiih.. puasti ruamee buaangeetss lah yaa..😀

  4. Maknyuuusss…itu surat dokter 20rb cuma “basa-basi” opo tenanan dab?

  5. septoadhi ⋅

    #alle
    sabar om, nantikan saja dampak kemajuan dan globalisasi Indonesia.. (Aminn ;-))

    #iwanudin
    itu sudah saya tanyaken ke pak pulisi sewaktu razia, kalau cuilnya tidak di bagian foto, tanda tangan, atau informasi laen masih berhak digunakan, kebetulan banget itu cuil di bagian yang nda ada apa-apa😆

    #parus
    wah itu sih maunya situ saja.. hohoho😆

    #wijna
    basa basi piye dab? tenanan kok, lagian mesti bayar, lha nek ra ra dadi mengko SIM-e

  6. njur mbayare neng bank ngendi mas?
    nek neng samsat kan wes ono bank-e..
    biasane BRI sih..

  7. septoadhi ⋅

    #faisal
    bayar langsung di tempat sal, sama pak pulisinya

  8. ono susuk ra kuwi pulisine?
    hehe..

  9. garnieri

    … Saya pake cara laen, yaitu memperpanjang SIM di Amplaz, hohoho, enak tho? manteb to? Sambil ngadem plus bisa cuci mata.. :lol:…

    Salam Wildlife!!!😀

Leave a Reply

